Periksa 5 Saksi, Polisi Masih Dalami Kasus Pembakaran Bendera PDIP

Jakarta

Polda Metro Jaya masih mendalami laporan pihak PDIP terkait pembakaran bendera partai dalam aksi unjuk rasa tolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Polisi telah memeriksa 5 saksi terkait laporan tersebut.

“Memang LP-nya sudah masuk sejak tanggal 26 kemarin. Sementara ini masih didalami oleh Krimum Polda Metro Jaya,” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Yusri menjelaskan kini sudah ada 5 orang yang telah dimintai klarifikasi atas insiden pembakaran tersebut. Dia merinci kelima orang tersebut masing-masing berasal dari pihak pelapor dan beberapa saksi ahli.

“Sudah ada 5 yang kita klarifikasi karena masih penyelidikan. Ada 3 dari pelapor dan 2 saksi ahli. Jadi kita masih melakukan pendalaman,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta resmi membuat laporan ke Polda Metro Jaya terkait kasus pembakaran bendera partai saat demo RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). PDIP merasa keberatan atas kejadian pembakaran bendera PDIP pada saat demo beberapa hari lalu.

“Kami sebagai partai resmi yang diakui oleh undang-undang keberatan dengan pembakaran bendera PDI Perjuangan dan kemudian menganggap kami adalah PKI,” Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Wiliam Yani kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (26/6).

Laporan kali ini tertuang dalam laporan polisi dengan Nomor LP/3.656/6/VI/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ. Wiliam berharap agar polisi segera menindaklanjuti laporan tersebut.

Aksi pembakaran bendera PDIP ini memicu sejumlah aksi kader di beberapa lokasi. Massa beramai-ramai mendatangi kantor polisi setempat untuk melaporkan aksi pembakaran bendera partai.

Aksi pembakaran bendera PDIP ini terjadi saat sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa penolakan RUU HIP di gedung DPR beberapa waktu lalu. Sekjen GNPF Edy Mulyadi sempat diklarifikasi polisi terkait pembakaran bendera PDIP ini.

“Betul, kemarin saya di Polda. Saya menyebutnya bukan diperiksa, diklarifikasi. Paling nggak itu istilah yang diberikan Direktur Intelkam Polda Metro Jaya. Klarifikasi, jadi kita ngobrol enak, bercanda,” kata Edy melalui video, Jumat (26/6/2020).



Source:

author
Author: 

    Leave a reply "Periksa 5 Saksi, Polisi Masih Dalami Kasus Pembakaran Bendera PDIP"