Dino Patti Soroti Mobil di JLNT Antasari Saat Masih Ada Warga, Ini Kata Dishub

Jakarta

Pendiri Indonesia Diaspora Network (IDN) Dino Patti Djalal melapor ke akun Twitter Pemprov DKI terkait situasi CFD di JLNT Antasari, Jakarta Selatan yang dia alami pagi ini. Ia mengaku masih berada di atas jalan layang tersebut, tetapi kendaraan sudah melintas sehingga membahayakan pejalan kaki yang masih berolahraga.

Hal tersebut awalnya disampaikan Dino di akun Twitternya @dinopattidjalal kepada akun Twitter Pemprov DKI @DKIJakarta. Ia mengungkap bahaya jika ada pejalan kaki yang tertabrak.

“Bahaya! Pagi ini, CarFreeDay Antasari jalan keburu dibuka u/ mobil2 padahal masih ada orang2 yg jalan termasuk saya. Tidak ada bahu jalan bg pejalan kaki u minggir. Seharusnya disisir dulu sebelum dibuka u/ mobil2. Kalau ada kecelakaan siapa yg tanggung jawab?
@DKIJakarta,” cuit Dino di akun Twitternya @dinopattidjalal, Minggu (2/8/2020).

Saat dihubungi, Dino mengaku ada petugas sebelum dia naik ke JLNT Antasari. Pihaknya juga dibolehkan berolahraga di atas JLNT tersebut, tetapi sesampai di tengah perjalanan, ada mobil melintas.

“Pokoknya waktu saya mau mulai running di awalnya sudah ada petugas yang di awal, saya sempat bilang ke dia bahwa pak kalau saya masuk ini aman kan ya dia bilang di jamin awal. Dan dia memang sempat bilang akan dibuka jam berapa cuma masalahnya tentu dia nggak bisa buka sebelum jalan udah clear,” kata Dino, saat dihubungi, Minggu (2/8).

“Tadi saya baru setengah jalan dan ngeri juga karena mobilnya itu lewat lewat dengan kecepatan tinggi karena itu jalan layang jadi kecepatan tinggi, apalagi saya sama anak saya jadi saya khawatir,” ungkapnya.

Namun, ia mengaku langsung mendapatkan respon dari Pemprov DKI yang menindak lanjuti laporannya. Menurutnya laporannya sudah diteruskan ke pihak Wali Kota Jakarta Selatan dan menurutnya petugas juga menyampaikan selanjutnya akan disisir terlebih dahulu sebelum membuka jalur JLNT Antasari.

“Pokoknya saya dapat WA saja dari pejabat di kantornya Pak Anies bilang makasih infonya dan segera mereka salurkan ke Wali Kota Jaksel dan memang proses sisir itu harus dilakukan, harus disisir sebelum dibuka, tadi di belakangg saya masih ada orang yang ibu-ibu,” ujarnya.

Ia mengaku ngeri saat berjalan di separuh jalan, JLNT Antasari yang sudah dilintasi banyak mobil padahal di depan dan di belakangnya masih ada orang lain yang berjalan. Menurutnya, petugas harus melakukan penelusuran dan memastikan semua orang yang berolahraga sudah kosong baru membuka untuk kendaraan.

“Masalahnya nggak ada bahu jalan jadi agak ngeri kita harus minggir terus apalagi kalau tikungan orang bisa nggak lihat kalau lari. Jadi potensi kecelakaan tadi cukup tinggi, tapi untung dari DKI sudah bilang bahwa mereka cepat memperbaiki,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Budi Setiawan mengatakan pihaknya sudah melakukan himbauan dan sterilisasi Kawasan JLNT Antasari sebelum melakukan pembukaan kembali lalu lintas. Hal itu merupakan SOP sebelum membuka kawasan CFD untuk kendaraan.

Ke depannya pihaknya akan memperbaiki dan mencermati proses sterilisasi sebelum membuka kembali arus lalu lintas.

“Sebenarnya itu sudah SOP-nya sebelum dibuka kembali, kemungkinan ada yang masih masuk ketika sudah selesai penyisiran dari teman-teman. Hal ini menjadi pembelajaran yang serius bagi kami agar kedepannya lebih cermat lagi sehingga betul-betul tidak ada yang tersisa sebelum arus lalinnya dibuka,” ujar Budi.

Budi menjelaskan, untuk ke depanya diberitahukan masyarakat mematuhi imbauan petugas untuk meninggalkan kawasan khusus pesepeda di JLNT Antasari 15 Menit hingga 30 menit sebelum pembukaan Kawasan Khusus Pesepeda Kembali normal, karena masih saja ada masyarakat yang tidak memperhatikan waktu kegiatan khusus pelaksanaan Kawasan Khusus Pesepeda di JLNT Antasari.

Jika masih ada pengunjung yang masih kedapatan masih ada diatas, petugas memberikan pelayanan bantuan mobil patroli untuk mengantar masyarakat ke Luar Kawasan JLNT Antasari.

(yld/imk)

http://platform.twitter.com/widgets.js



Source:

author
Author: 

    Leave a reply "Dino Patti Soroti Mobil di JLNT Antasari Saat Masih Ada Warga, Ini Kata Dishub"