Beginilah Transformasi Aminah ‘Mak Nyak Si Doel’, Mudanya Cantik Banget Loh



Artis wanita ini terkenal lewat perannya sebagai Mak Nyak di film Si Doel Anak Sekolah, meski sebenarnya kariernya di dunia hiburan sudah berlangsung jauh sebelum film yang juga dibintangi Rano Karno itu. Artis bernama asli Aminah Cendrakasih itu mengawali karier dari pentas sandiwara sebagai pemain dan penyanyi pada 1955.

Sejak pentas itu, karier wanita kelahiran Magelang 29 Januari 1938 itu melesat. Antara tahun 1955 hingga 1989, Aminah telah membintangi sekitar 101 judul film, baik sebagai pemeran pembantu maupun utama. Di kalangan artis, Aminah dikenal sebagai artis yang cepat menghafal dialog dalam skenario.

Berkat pengabdiannya yang begitu panjang di dunia hiburan Tanah Air, pada 1992 Aminah Cendrakasih mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional. Dia juga dianugerahi Lifetime Achievement Award dalam Indonesia Movie Awards pada 2013. Puncaknya pada 2016 lalu Aminah dianugerahi Gelar Tanda Kehormatan Presiden Kelas Satyalancana Kebudayaan 2016.

Kini, Aminah terbaring lemah karena sakit yang dideritanya sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan, Aminah hanya bisa berbaring di atas tempat tidur di rumah anaknya di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Meski demikian, Aminah tetap tabah.

sumber berita : https://www.brilio.net/

author
Author: 

    Leave a reply "Beginilah Transformasi Aminah ‘Mak Nyak Si Doel’, Mudanya Cantik Banget Loh"