5 Berita Teraktual Hari Ini

No comment 14 views

Jakarta

Sepasang remaja di Lombok yang dinikahkan orang tuanya menjadi berita teraktual hari ini. Tidak hanya itu, berita teraktual lain juga diisi soal Basuki Tjahaja Purnama (BTP) yang membongkar borok direksi Pertamina.

Serta ada juga beberapa berita teraktual lainnya yang dirangkum dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 16/9/2020 AHOK BONGKAR AIB HINGGA VIRAL DI LOMBOK PASANGAN SMP DINIKAHKAN! yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 5 berita teraktual dan terpopuler hari ini:

1. Viral! Pasangan Siswa SMP di Lombok Dinikahkan karena Terlambat Pulang

Pernikahan sepasang remaja di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pria S (15) dan wanita NH (12), viral di media sosial. Pasalnya, keduanya menikah saat masih SMP atau tepatnya Madrasah Tsanawiyah.

Mereka menikah karena orang tua NH tidak bisa menerima anaknya pulang terlambat setelah seharian bepergian dengan S. Sepasang remaja yang masing-masing dari Desa Pengenjek dan Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah itu melangsungkan pernikahan pada Sabtu (12/9) kemarin.

Kepala Dusun (Kadus) Montong, Desa Pengenjek, Ehsan membenarkan cerita itu. Kedua sejoli ini pergi berdua pada siang hari dan pulang sekitar pukul 18.30 WITA. NH sempat diantar pulang. Tapi orang tuanya tidak menerima dengan alasan NH akan kembali juga karena keduanya saling mencintai.

“Saya sempat sarankan agar anak ini dipisah dulu karena masih anak di bawah umur dan orang tua NH tetap ngotot. Setelah empat hari saya datangi Kadus asal NH ini dan kadus di sana juga menyampaikan agar nikah di bawah tangan saja,” kata Ehsan pada wartawan.

2. Ahok Bongkar Aib Direksi Pertamina, Gaji dan Lobi ke Menteri

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok menemukan permasalahan pada sistem gaji di Pertamina. Ahok bilang, gaji pejabat tetap diberikan meski pejabat itu dicopot.

Ahok menyebut, gaji direktur utama anak perusahaan bisa mencapai Rp 100 juta. Setelah dicopot, pejabat itu tetap mendapat gaji yang sama. Alasannya, terang Ahok, karena pejabat itu orang lama.

“Orang dicopot dari jabatan direktur utama anak perusahaan, misal gaji Rp 100 juta lebih masa dicopot gaji masih sama? Alasannya dia sudah orang lama, harusnya gaji mengikuti jabatan anda,” kata Ahok dalam video YouTube POIN seperti dikutip detikcom, Selasa (15/9/2020).

Tidak hanya soal gaji, dalam video itu pun Ahok menyebut ada direksi yang hobi lobi menteri.

“Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian,” katanya.

3. S3 Marketing, Warung Mie Ayam Ini Curhat Kehilangan Uang untuk Tarik Pelanggan

Warung mie ayam di Madiun, Jawa Timur memiliki strategi marketing yang unik. Yakni dengan curhat kehilangan uang Rp 10.000. curhatan tersebut dituliskan oleh penjual mie ayam di Facebook dengan akun Gadjah Mungkur.

“Barang siapa yang menemukan terus mengembalikan uang saya 10 ribu akan saya kasih imbalan 1 porsi mie ayam plus es teh atau es jeruk. Terima kasih,” tulisnya di Facebook.

Selain itu, penjual mie ayam tersebut juga menuliskan alamat pengembalian uang tepat di warung mie ayamnya, yaitu di warung Mie Ayam & Bakso Juwara Gajah Mungkur yang berlokasi di Desa Slambur, Madiun, Jawa Timur.

Jika diteliti baik-baik, curhatan tersebut sama saja mengajak orang-orang untuk datang ke warung mie ayamnya. Jadi, ketika ada yang berpura-pura menemukan dan mengembalikan uang Rp 10.000 kemudian orang itu diberikan seporsi mie ayam dan minuman, sama saja orang itu membeli mie ayamnya.

4. Disorot Satgas Corona, Ini Aturan KPU Bolehkan Konser Saat Kampanye Pilkada

Satgas COVID-19 menyoroti aturan KPU terkait metode kampanye dalam Pilkada 2020. Salah satu yang disorot yaitu terkait diperbolehkannya konser musik dalam kegiatan kampanye.

“Beberapa hal yang perlu kita cermati, terutama masalah protokol kesehatan. Soal masih dibolehkannya konser musik dan perlombaan di pasal 63,” ujar Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB Wisnu Widjaja, pada acara ‘Evaluasi Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 dalam Pemilihan Serentak 2020’, Selasa (15/9/2020).

Menanggapi itu, KPU mengaku tidak dapat mengubah aturan tersebut. Hal ini karena metode kampanye dibuat berlandaskan Undang-undang Pilkada.

“Semua itu bisa di PKPU karena memang ada ketentuan peraturan UU yang mengatur bagaimana proses-proses substansi dilakukan dalam pemilihan, tentu berdasarkan UU pemilihan. Bentuk-betuk kampanye juga sudah diatur di situ, tentu KPU tidak bisa mengubah dan meniadakannya,” ujar komisioner KPU I Dewa Raka Sandi.

Diketahui metode kampanye diatur di UU nomor 1 tahun 2015 pasal 65 ayat 1. Metode kampanye tersebut terdiri dari pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, debat publik hingga kegiatan lain yang tidak dilarang dalam undang-undang. Dalam UU ini pada pasal 65 ayat 3, disebutkan ketentuan lebih lanjut terkait metode kampanye diatur dalam Peraturan KPU (PKPU).

5. Demi Swab Gratis, Dokter Ini Bangun Lab dengan Uangnya Sendiri

Pemko Padang memberi penghargaan pin emas kepada Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dokter Andani Ekja Putra. Penghargaan khusus dari Pemko Padang ini diberikan kepada Andani karena dinilai sebagai tokoh berpengaruh dalam penanganan COVID-19. Andani diketahui sampai membangun laboratorium dengan menggunakan uangnya sendiri.

Penghargaan kepada dokter Andani diserahkan Ketua DPRD Syafrial Kani saat peringatan ulang tahun Kota Padang ke-351 yang digelar dalam rapat paripurna DPRD Padang, Jumat (7/8/2020). Andani diganjar penghargaan di bidang pemerhati kesehatan. Dokter Andani menilai penghargaan ini merupakan apresiasi bagi seluruh tim yang bertugas menangani COVID-19.

“Sejak awal saya katakan, penghargaan yang saya terima itu bukan karena saya saja. Ini untuk semua anggota di lab. Saya hanya mewakili mereka,” ujar Andani.

(eva/knv)



Source:

author
Author: 

    Leave a reply "5 Berita Teraktual Hari Ini"